Wagub Sumut Sebut Bom Makassar Bentuk Kejahatan Kemanusiaan

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Medan – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Musa Rajekhshah mengutuk peristiwa bom bunuh diri yang terjadi dalam depan Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan. Pria dengan akrab disapa Ijeck itu mengatakan peristiwa tersebut ialah kejahatan kemanusiaan.

“Peristiwa bom bunuh diri pada Gereja Katedral Makassar jadi kejahatan terhadap manusia, ” kata Ijeck di Kawasan, Minggu (28/3/2021).

Ijeck kemudian meminta pada masyarakat untuk tidak menyerakkan video dan foto pasca kejadian. Dia juga meminta kepada masyarakat untuk melapor kepada polisi apabila pandangan terkait adanya jaringan teroris.

“Apabila kita semua mengetahui informasi tentang jaringan terorisme atau hal-hal yang mencurigakan segera buat melaporkan kepada kepolisian, sehingga Polri dapat bekerja secara maksimal, ” tuturnya.

Sementara itu Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan situasi Sumut kondusif pasca terjadinya bom di Makassar. Masyarakat diminta tenang menyikapi insiden yang terjadi itu.

“Situasi kamtibmas di Sumut cukup kondusif. Klub untuk tetap tenang serta tidak panik dalam menyikapi peristiwa ledakan bom dengan terjadi di Kota Makassar dan mempercayakan penanganannya kepada kepolisian, ” kata Irjen Panca Putra melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi.

Warga juga diminta buat meningkatkan keamanan sejak lingkungan. Setiap pendatang diwajibkan buat melapor ke pemerintah setempat. Warga juga diminta buat terus berkomunikasi dengan kepolisian dan TNI untuk mengelola keamanan lingkungan.

“Tingkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar, galakan kembali kebahagiaan lingkungan. Fungsikan RT/RW jadi deteksi awal di dunia terkecil, wajibkan 1×25 jam tamu pendatang wajib melapor. Selalu berinteraksi dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di daerah atau kelurahan masing-masing di mengantipasi aksi teror serta laporkan sekecil apapun yang mencurigakan kepada polsek terdekat atau aparat keamanan lainnya, ” katanya.

(man/man)