Turki Latihan Militer dengan AS di Laut Mediterania

Istanbul

Otoritas Turki mengatakan pihaknya telah melakukan latihan dengan kapal perusak bala laut Amerika Serikat (AS) di Mediterania timur. Latihan ini berlaku beberapa jam setelah Yunani & Prancis serta sekutu Uni Eropa melakukan latihan perang di laut tersebut.

“Freger Turki TCG Barbaros dan TCG Burgazada telah melakukan pelatihan maritim secara kapal perusak Amerika Serikat USS Winston S. Churcchill di Mediterania timur pada 26 Agustus, ” tulis Kementerian Pertahanan Turki di akun Twitter resminya seperti dilansir AFP , Rabu (26/8/2020).

Kementerian serupa merilis foto tiga kapal konflik, dua di antaranya mengibarkan bendera Turki dan satu mengibarkan standar Turki dan AS. Turki tak merinci lokasi latihan militer beserta rincian lainnya.

Pengumuman Turki muncul di tengah ketegangan untuk perbatasan laut dan hak akan cadangan gas alam yang luhur. Atas dasar alasan ini, Turki bersaing dengan Yunani dan negara-negara Uni Eropa lainnya.

Sementara Yunani telah memulai tiga hari latihan perang dengan Prancis, Italia dan Sirprus. Latihan dimulai pada Rabu (26/8) waktu setempat.

Sebelumnya, Presiden Recep Tayyip Erdogan memperingatkan bahwa Turki tidak akan membuat “konsesi” di Mediterania timur, dan mengatakan kepada Yunani untuk menghindari mengambil langkah-langkah yang dapat menyebabkan “kehancuran”.

Pernyataan ini disampaikan cuma beberapa jam setelah Yunani mengatakan akan melakukan latihan militer dalam Rabu (26/8) waktu setempat secara Prancis, Italia dan Siprus pada wilayah tersebut, di mana ketegangan antara kedua tetangga itu sudah meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

“Di Mediterania, Bahar Aegea dan Laut Hitam, Turki akan mendapatkan apa yang menjadi hak kami, ” kata Erdogan di provinsi Mus, Turki timur pada peringatan Pertempuran Malazgirt 1071, di mana suku-suku pra-Ottoman menundukkan Bizantium, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (26/8/2020).

(lir/lir)