Tentang Rape Jokes TikTokers Haga Mars yang Tidak Jenaka Sama Sekali

Info seputar HK Prize 2020 – 2021.

Jakarta kepala

Pemilik akun TikTok Haga Mars ramai dikecam usai membuat konten video rape jokes (lelucon pemerkosaan) yang berujung pada sexual harassment (pelecehan sexual). Rape jokes sendiri adalah jenis lelucon kontroversial yang dinilai melanggengkan budaya patriarki.

Mulanya, sejumlah video akun TikTok @hagamars2 itu ramai diperbincangkan netizen dan menuai kecaman. Dipandang detikcom, salah satu video yang dikecam adalah saat pemuda ini berpakaian ala dokter kandungan yang gres saja membantu proses persalinan. Dia dikecam karena aktingnya dinilai menjurus ke ekspresi mesum dan berbau rape jokes.

Rape jokes adalah lelucon yang mengambil cerita pemerkosaan sebagai topiknya untuk membuat gelak tawa. Beth Anne Cooke-Cornell dari Wentworth Institute of Technology mengungkap bahwa rape jokes seringkali tidak lucu. Dalam makalahnya yang berjudul ‘Rape Jokes in the Era of #MeToo’ rape jokes merupakan peradaban yang sudah lama tersedia dalam dunia standup comedy di Amerika Serikat. Sejak era 1990an, lelucon larangan ini kerap diangkat menjelma premis para komedian.

Namun, dalam praktiknya, rapes jokes menjadi tujuan perdebatan. Sebab rape jokes bisa menjadi lucu atau tidak lucu. Tapi, yang terjadi seringkali justru ketikalucuan. Bahkan, Beth Anne rape jokes adalah sesuatu yang usang karena justru menguatkan maskulinitas beracun (toxic masculinity) dan melanggengkan budaya patriarki.

Sementara itu, The Guardian pernah menerbitkan artikel berjudul ‘Can a rape joke ever be funny? Sexual assault survivors find out’. Artikel ini merekam pengalaman para penyintas pemerkosaan yang mengangkat kemahiran mereka menjadi bahan rape jokes di tur standup comedy. Lalu apakah rape jokes yang dibawakan oleh para penyintas ini menimbulkan gelak tawa penonton? Tak. Para penonton justru merasakan tidak nyaman, meskipun rape jokes itu dibawakan oleh para penyintas.

Tonton juga Gambar: Kontroversi Video TikTok dr Kevin Samuel yang Berujung Sanksi IDI

[Gambas:Video 20detik]