Rahma Sarita Mengaku Dapat Peringatan Beberapa Kali soal ‘Pancasila Wakanda’

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

Jakarta

Rahma Sarita dicopot dari posisi staf tenaga ahli pimpinan MPR Lestari Moerdijat karena mengunggah tulisan ‘Pancasila versi Wakanda’. Rahma Sarita mengaku mengundurkan diri secara informal sebelum surat pemberhentian terhadap dirinya beredar di publik.

Awalnya, Rahma Sarita menjelaskan dirinya sudah pernah ditegur karena postingan yang diunggahnya dianggap tidak cocok sebagai staf ahli MPR RI. Ia kemudian mengundurkan diri sejak kejadian ‘Pancasila versi Wakanda’.

“Jadi sebelumnya memang saya sudah beberapa kali diperingatkan karena memang postingannya yang nggak cocok. Jadi sebenernya saya memang saya memang sudah mau pernah berhenti gitu. Terus yang terakhir (postingan Pancasila Wakanda) itu. Akhirnya saya mengundurkan diri sih tapi via WA. Terus beberapa hari kemudian beredar surat itu,” ujar Sarita saat dihubungi, Kamis (17/12/2020).

Sarita mengaku sempat mengundurkan diri secara informasi melalui aplikasi WhatsApp (WA). Ia menyampaikan niatnya mundur dari posisi Staf Tenaga Ahli Pimpinan MPR kepada Wakil Pimpinan MPR Lestari Moerdijat dan WA Group Staf Ahli MPR.

“Ke Bu Reri (Lestari Moerdijat).udah via WA. Ke grup juga, jadi 2 kali. Karena saya di grup, saya japri Bu Reri-nya. Karena saya ditegurnya itu di grup MPR lah, staf ahli MPR lah,” ungkapnya.

Politikus NasDem ini juga sempat menjelaskan kepada Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat kalau unggahan ‘Pancasila versi Wakanda’ adalah pendapat pribadinya. Menurutnya, Lestari Moerdijat sempat merasa keberatan atas unggahan itu karena berpotensi dikaitkan terhadap dirinya.

Namun, Sarita menegaskan unggahan itu tidak ada kaitannya dengan Lestari Moerdijat selaku Waka MPR RI. Menurut Sarita, Lestari Moerdijat pun sudah merespons usulan pengunduran dirinya secara baik.

“Jadi saya sendiri, saya bilang ke Bu Reri bahwa itu pendapat pribadi saya. Jadi saya mohon ke publik juga. Bu Reri keberatan, karena dia takut khawatir dikait-kaitkan dengan Bu Rerie, gitu loh. Jadi itu lendapat pribadi saya. Nah, Bu Reri keberatannya itu tidak mau mewakili dirinya. Gitu loh maksudnya. Jadi saya bilang ‘bukan bu, kan jelas di saya’,” jelasnya.

“Nah itu Bu Reri juga sudah menanggapinya juga dengan baik. ‘Rahma terima kasih kerja samanya selama ini’ seperti itu. Sudah seperti biasa lah,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, memberhentikan seorang staf tenaga ahli yang mempelesetkan Pancasila lewat tulisan di media sosial. Staf bernama Rahma Sarita itu menulis ‘Pancasila versi Wakanda’

Awalnya, beredar tangkapan layar status seseorang bernama Rahma Sarita tersebut dan surat berkop MPR terkait pemberhentian Rahma Sarita. Saat dikonfrmasi, Lestari membenarkan surat itu dan tangkapan layar yang merupakan status Rahma Sarita tersebut.

Surat pemberhentian staf tenaga ahli atas nama Rahma Sarita tertuang dalam surat nomor 033/LM/MPRRI/XII/2020, perihal Pemberhentian Tenaga Ahli Pimpinan. Surat itu ditandatangani langsung oleh Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat pada 13 Desember 2020 dan ditembuskan kepada Pimpinan Fraksi Partai NasDem MPR RI periode 2019-2024.

“Terkait beredarnya surat pemberhentian staf tenaga ahli Rahma Sarita di media sosial, adalah benar bahwa surat tersebut ditujukan internal kepada Sekretariat Jenderal MPR sebagai hak anggota DPR/Pimpinan MPR untuk memilih dan mengganti alat penunjang kinerja anggota seperti staf khusus maupun staf tenaga ahli,” kata Lestari saat dikonfirmasi, Kamis (17/12).

Rahma Sarita sendiri merupakan kader NasDem yang pernah mencalonkan diri menjadi anggota DPR tapi gagal. Waktum NasDem Ahmad Ali menyebut Rahma Sarita pernah maju menjadi salah satu calon anggota DPR periode 2019-2024 mewakili daerah pemilihan Jawa Timur (Jatim).

“Kan dia pernah jadi caleg partai NasDem. Nggak tahu… di Jawa Timur kalau nggak salah kemarin ya,” kata Ahmad Ali ketika dihubungi, Kamis (17/12).

Berikut isi unggahan Rahma Sarita soal Pancasila versi negara Wakanda yang bikin dia dicopot:

Pancasila versi Negara Wakanda:
1. Ketuhanan yg berkebudayaan
2. Kemanusiaan untuk golongan sendiri dan tidak berdab untuk golongan lainnya
3. Perpecahan Wakanda
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh oligarki kekuasaan
5. Ketidakadilan sosial bagi yang bersebrangan dengan penguasa
Lambangnya burung empirit noleh ke kiri.

(hel/dhn)