Nanti Penurapan, TPU Pondok Ranggon Tambahan 250 Makam Khusus COVID

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Jakarta

Lahan makam khusus untuk jenazah COVID-19 muslim di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, sudah penuh. Kini pihak TPU Pondok Ranggon sedang menyiapkan sekitar 250 makam baru.

“Kalau sudah dilakukan penurapan, semuanya kurang-lebih 10 blad di sini, kami meninggalkan kurang-lebih 20 letak yang di pinggir-pinggir. Kalau telah dilakukan penurapan, kalau 1 blad nya 25 saja artinya sedang ada 250 protap makam, ” ujar Pengawas Khusus Pemakaman Protap COVID-19 TPU Pondok Ranggon Muhaemin saat ditemui detikcom di lokasi, Jumat (4/12/2020).

TPU Pondok Ranggon (Adhyasta/detikcom)

Meski demikian, penggandaan lokasi untuk jenazah muslim terdampak COVID-19 belum bisa terealisasi. Pasalnya, saat ini masih dilakukan penurapan untuk mencegah longsor berhubung kedudukan penambahan makam berada di susur tebing.

“Namun tidak bisa digunakan sesegera mungkin karena hati duka longsor tadi, karena belum penurapan. Karena di pinggir tebing. Nanti longsor, ” ucapnya.

Muhaemin mengatakan proses penurapan era ini masih berjalan. Dia belum bisa memastikan kapan proses penurapan itu akan selesai.

“Sedang berjalan, penurapan sudah berjalan 18 hari. Kita berjalan tanpa target karena kita berkaitan dengan belanja, ” tukas Muhaemin.