Menodong PM Pakistan Mundur, Puluhan Ribu Orang Berdemo di Karachi

Islamabad

Puluhan ribu orang yang merupakan pendukung oposisi pemerintah Pakistan ikut dalam unjuk rasa besar-besaran di kota Karachi. Unjuk rasa ini merupakan bagian dari usaha melengserkan Perdana Menteri (PM) Imran Khan, yang dituding gagal menangani perekonomian yang semakin memburuk.

Seperti dilansir Reuters , Senin (19/10/2020), sembilan partai oposisi utama membentuk maklumat gabungan yang disebut Gerakan Demokratik Pakistan (PDM) sejak bulan lulus dan memulai kampanye nasional melawan pemerintahan PM Khan. Unjuk mengecap terbaru digelar di Karachi di dalam Minggu (18/10) waktu setempat.

Unjuk rasa besar-besaran ini digelar saat perekonomian Pakistan — yang telah memburuk akibat pandemi virus Corona (COVID-19) — berjuang dengan inflasi dua digit & pertumbuhan negatif. Oposisi menyalahkan tadbir PM Khan atas situasi itu.

Pemerintahan PM Khan dengan berlangsung selama dua tahun serupa diwarnai peningkatan sensor dan penindakan keras terhadap setiap perbedaan prinsip, kritikan dan pemimpin oposisi.

“Inflasi telah mematahkan tumpuan warga miskin yang memaksa banyak diantara kita mengemis untuk bisa memberi dahar anak-anak mereka, ” ucap satu diantara demonstran bernama Faqeer Baloch (63) yang ikut unjuk rasa di Karachi.

“Sudah saatnya pemerintahan ini pergi sekarang, ” tegasnya, saat kerumunan massa mencanangkan slogan ‘Ayo Imran pergi! ‘.