Kebakaran Terjadi di Situs Arkeologi Yunani, Pengunjung Dievakuasi

Mycenae

Kebakaran terjadi di dekat reruntuhan situs Zaman Perunggu Mycenae di Yunani. Akibat insiden itu sejumlah pengunjung dievakuasi.

Dilansir dari AFP, Senin (31/8/2020), kebakaran berawal dari dekat situs makam Agamemnon, Raja Mycenae yang dibunuh saat perang Trojan. Pihak pemadam setempat membantah api menghanguskan museum di lokasi.

“Api melewati bagian dari situs arkeologi dan membakar rumput kering tanpa mengancam museum,” kata Komandan Regu Pemadam Kebakaran wilayah Selatan Peloponnese, Thanassis Koliviras.

Proses pemadaman juga tidak hanya dilakukan oleh mobil pemadam, tapi helikopter dan pesawat juga dikerahkan ke lokasi kebakaran.

Kementerian Kebudayaan Yunani memastikan tidak ada barang-barang antik di museum tersebut yang terbakar. Meski demikian pihak Kementerian terkait masih berupaya menghitung dampak dari kebakaran tersebut.

“Api tidak menyebabkan kerusakan pada barang antik, tim ahli akan menilai konsekuensinya nanti,” kata otoritas Kementerian Kebudayaan Yunani.

Pada milenium kedua SM Mycenae adalah salah satu pusat peradaban utama di Mediterania.

Berdasarkan informasi tiga belas tahun yang lalu, api mengancam kuil dan stadion Olympia kuno, tempat kelahiran Olimpiade modern.

Petugas pemadam kebakaran saat itu berhasil menyelamatkan situs di Peloponnese tanpa adanya kerusakan serius pada situs itu.

(maa/maa)