Jaga Food Estate, Polisi-Warga Kalteng Bangun Pondok Hasupa Hasundau

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Jakarta – Tempat tinggal Hasupa Hasundau berdiri dalam Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk mengontrol program prioritas nasional, Food Estate. Polisi mengatakan Pondok Hasupa Hasundau berada di area Rumah Bhabinkamtibmas, Kampung Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Pulang Pisau.

“Hasupa hasundau adalah kode Dayak yang berarti bersemuka atau berkumpul. Pondok tersebut diperuntukkan tempat kami & kelompok tani dapat berkomunikasi seputar Food Estate. Tersedia juga Posko Terpadu Food Estate yang dilengkapi secara Balai Handep Hapakat, tempat pertemuan dalam mendukung jalan Food Estate, ” prawacana Kapolres Pulang Pisau, AKBP Yuniar Ariefianto, dalam fakta tertulis, Jumat (26/3/2021).

“Ini tanah buat Rumah Bhabinkamtibmas dihibahkan masyarakat ke Polri. Kami berhubungan TNI melakukan finishing dan tambahkan Pondok Hasupa Hasundau di depannya, ” berlanjut Yuniar.

Yuniar mengatakan sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kembali Pisau untuk meresmikan Food Estate, Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo memberikan menyampaikan bantuan hand traktor, pesawat pemanen combine dan pupuk kepada kelompok tani. Dedi juga memerintahkan jajaran Polres Pulang Pisau untuk mendirikan posko terpadu serta mengaktifkan Bhabinkamtibmas pengawal Food Estate.

“Bapak Kapolda telah mencanangkan kegiatan prioritas dalam mendukung program nasional Food Estate tersebut melalui Program Empat Fokus Polda Kalteng 2021. Salah utama fokus tersebut terdapat di program yang ketiga yaitu pengawalan Food Estate, dengan terdiri dari pembuatan posko terpadu di lokasi Food Estate, pengaktifan Bhabinkamtibmas khusus Food Estate dan pengoperasian satgas Pengawalan Food Estate, ” terang Yuniar.

“Saya tangkap barang apa yang menjadi arahan Bungkus Kapolda, dengan bermitra secara pemerintah desa dan masyarakat setempat, Polres Pulang Badik membangun dan meresmikan sendi Bhabinkamtibmas, yang mana ada sebuah Pondok Hasupa Hasundau, ” imbuh dia.

Polisi-Warga Kalteng bangun Pondok Hasupa Hasundau, untuk mengawal Food Estate Foto: dok. Istimewa

Yuniar menyebut dirinya juga mendorong perusahaan sekitar lahan Food Estate untuk melakukan corporate social responsibility (CSR), khususnya dalam hal pemenuhan alat-alat pertanian warga. Yuniar memasukkan, para babinsa dan bhabinkamtibmas setempat turut belajar jalan bertani dari masyarakat.

“Dalam mengawal Food Estate, kami tumbuhkan menikmati kebersamaan TNI-Polri dan masyarakat. Karena program ini muaranya untuk kepentingan masyarakat umum. Polres Pulang Pisau berhubungan rekan-rekan dari TNI berkewajiban menyukseskan program ini, ” ucap Yuniar.

Sementara itu, Kades Belanti Siam, Amin mengakui pengawalan aparat TNI-Polri berdampak kaya untuk kesuksesan program Food Estate. Di tiap tempat kawasan Food Estate, terang Amin, telah ditempatkan 1 babinsa dan bhabinkamtibmas istimewa Food Estate.

“Saat ini pembangunan infrastruktur jalan sepanjang sekitar 40 km dan 4 jembatan dari Desa Batunindan, Basarang, Kapuas menuju kawasan Food Estate Pulang Pisau medium dalam proyek pengerjaan buat menciptakan Food Estate dengan terintegrasi, ” kata Amin. (aud/jbr)