Biden Tunjuk Penasihatnya Ron Klain Oleh sebab itu Kepala Staf Gedung Putih

Delaware

Presiden terpilih Amerika Konsorsium (AS), Joe Biden, menunjuk pejabat top Partai Demokrat, Ron Klain, sebagai Kepala Staf Gedung Putih dan asisten presiden. Klain merupakan penasihat Biden sejak lama dan pernah ditunjuk memimpin upaya menyerbu Ebola saat era Presiden Barack Obama.

Seperti dilansir Reuters , Kamis (12/11/2020), Klain merupakan salah kepala orang kepercayaan dan orang dekat Biden. Dia bekerja untuk Kelompok Demokrat sejak tahun 1989 era dia masih menjabat Senator GANDAR.

Klain diketahui ditugasi memimpin respons pemerintah AS terhadap krisis kesehatan Ebola tahun 2014 lalu, di bawah kepemimpinan Obama dan saat Biden menjabat Wakil Presiden.

Sosok Klain dikenal sangat kritis terhadap cara pengerjaan pandemi virus Corona (COVID-19) dengan dilakukan pemerintahan Presiden Donald Trump. Dia diharapkan akan menjadi tokoh kunci dalam respons pemerintahan Biden nantinya terhadap pandemi Corona.

“Ron sangat berharga bagi saya selama bertahun-tahun kami telah bekerja bersama, termasuk saat kami menyelamatkan perekonomian Amerika dari salah satu kemerosotan terburuk dalam kenangan kita tahun 2009 dan kemudian mengatasi darurat kesehatan publik dengan menakutkan tahun 2014, ” cakap Biden dalam pernyataannya saat mencanangkan penunjukan Klain menjadi Kepala Staf Presiden AS.

Di dalam tanggapannya, Klain menyatakan dirinya ngerasa terhormat untuk membantu Biden di menjalankan tugasnya nanti. “Merupakan kehormatan seumur hidup untuk mengabdi di dalam Presiden terpilih Biden dalam karakter ini, dan saya merasa tersanjung oleh kepercayaannya, ” ucapnya.

“Saya berharap bisa membantunya dan Wakil Presiden terpilih di dalam mengumpulkan tim yang berbakat dan beragam untuk bekerja di Gedung Putih, ” harap Klain.

Klain diketahui pernah menjabat Kepala Staf Wakil Presiden AS saat Biden menjabat dan beberapa waktu terakhir menjadi penasihat senior untuk tim kampanye Biden.

(nvc/ita)