Apartemen di India Runtuh, Satu Tewas-70 Orang Terperangkap

Mahad

Bangunan apartemen di Mahad, India runtuh. Satu orang dikabarkan meninggal dunia, dan belasan bahkan sampai puluhan orang diperkirakan masih terperangkap.

Dilansir dari AFP, bangunan lantai lima ini terjadi pada Senin (24/8/2020) malam. Seorang pejabat, dan legislator lokal menyampaikan, satu orang tewas, dan lusinan orang dikhawatirkan terperangkap setelah bangunan ambruk.

Polisi menyebut bangunan ini terdiri dari 47 flat. Sekitar 120 kilometer sebelah selatan Mumbai.

Penyebab ambruknya bangunan belum diketahui. Namun, kejadian serupa sering terjadi pada Juni sampai September di India, dengan struktur tua dan reyot, diguyur hujan deras.

Saat ini, tiga tim penyelamat dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF) masih menyisir lokasi. Mereka menggunakan peralatan khusus serta anjing pelacak untuk mencari orang yang masih terperangkap.

Juru bicara NDRF Sachidanand Gawde mengatakan kepada wartawan bahwa petugas darurat telah mengambil jenazah satu korban, sementara polisi Mahad mengatakan sedikitnya 70 orang diyakini terperangkap di bawah reruntuhan.

Lima belas orang berhasil diselamatkan. Mereka mengalami luka sehingga harus dibawa ke rumah sakit.

Anggota parlemen Mahad Bharat Gogawale mengatakan kepada saluran TV9 Marathi setempat bahwa perkiraan awal tampaknya menunjukkan bahwa “lebih dari 200 orang terjebak di dalam”.

“Tujuan utama kami adalah menyelamatkan sebanyak mungkin orang yang terjebak di bawah puing-puing”.

“Kami belum bisa memastikan alasan runtuhnya”, tambahnya.

(aik/aik)