5, 7 Miliar Dosis Vaksin Corona Telah Dipesan di Seluruh Dunia

Jakarta porakporanda

Meskipun vaksin Corona yang sedang dikembangkan belum terbukti keefektifannya karena masih dalam tes klinis, tapi setidaknya 5, tujuh miliar dosis vaksin Corona sudah dipesan di seluruh dunia.

Seperti dilansir dari AFP , Rabu (12/8/2020) pengiriman pertama vaksin COVID-19 yang dibuat oleh Western Laboratories Inc sering kali diambil alih sebab Amerika Serikat.

Lima vaksin – tiga di negeri Barat dan dua di China – berada dalam uji klinis Fase 3 yang melibatkan beribu-ribu orang.

Dalam pengumuman dengan mengejutkan, Presiden Rusia Vladimir Putin mengklaim hari Selasa (11/8) bahwa vaksin yang dijuluki “Sputnik V” – diambil dari nama planet Soviet – memberikan “kekebalan berkelanjutan” terhadap virus Corona.

Saat laboratorium penelitian di seluruh dunia berlomba untuk mengembangkan vaksin, para produsen telah menerima pembiayaan untuk membantu mereka mempersiapkan jutaan dosis siap untuk diberikan di tahun 2021 atau bahkan sebelum akhir tahun ini.

Universitas Oxford, bekerja sama dengan grup farmasi Swedia-Inggris AstraZeneca, meminta mendapatkan hasil pada September. Sementara perusahaan biotek AS Moderna, berkolaborasi dengan Institut Kesehatan Nasional GANDAR (NIH), menargetkan akhir tahun itu, mungkin November.

Tonton video ‘Jokowi: Bulan Itu, Vaksin Corona Diproduksi Sebanyak 100 Juta’:

[Gambas:Video 20detik]